09 February 2018

INSPIRASI 23 - "FILOSOFI BAMBU CINA"



FILOSOFI BAMBU CINA


Begitu banyak pelajaran dari alam yang dapat kita pelajari agar hidup di dunia ini lebih bermakna dan harmonis. Salah satu tumbuhan yang syarat akan makna kehidupan adalah pohon bambu. Pohon Bambu adalah tanaman dengan laju pertumbuhan tertinggi di dunia, Pohon Bambu termasuk dalam keluarga rumput-rumputan, yang dapat menjadi penjelasan mengapa bambu memiliki laju pertumbuhan yang tinggi. Hal ini berarti bahwa ketika bambu dipanen, bambu akan tumbuh kembali dengan cepat tanpa mengganggu ekosistem. Tidak seperti pohon, batang bambu muncul dari permukaan dengan diameter penuh dan tumbuh hingga mencapai tinggi maksimum dalam satu musim tumbuh (sekitar 3 sampai 4 bulan). Terdapat dua bentuk bambu secara umum, yaitu bambu berkayu dari suku Arundinarieae dan Bambuseae, dan bambu rerumputan dari suku Olyreae. Analisis molekuler dari plastida menunjukkan bahwa terdapat tiga sampai lima garis keturunan utama dari bambu.(Wikipedia).
Gambar terkaitWalaupun termasuk ke dalam keluarga rumput-rumputan, pohon bambu merupakan tanaman yang kokoh, inilah yang menyebabkan tanaman ini berbeda dari tanaman dari keluarga rumput-rumputan lainnya.Sebelum tumbuh hingga tinggi dengan cepat, bambu mempersiapkan diri dengan akarnya yang tumbuh kokoh di dalam tanah karena ia tahu bahwa semakin ia tumbuh tinggi maka akan semakin banyak angin yang akan menerpanya.Di saat tumbuhan lain banyak yang tumbang tapi jarang sekali mendengar ada tumbuhan bambu roboh akibat diterjang angin. Begitu pula dengan dengan kehidupan kita, sebelum menapaki jenjang karir yang lebih tinggi maka kita harus mempersiapkan mental yang kuat agar dapat menghadapi berbagai cobaan hidup yang semakin berat. Cara bambu mengekspresikan hidupnya menggambarkan bahwa latar belakang tidak lah menjadi hambatan dan tolak ukur untuk bisa mengekspresikan potensi yang ada dalam kita.
pohon bambu cina
Ketika angin menerpa batang tumbuhan bambu, ia akan mengikuti arah angin itu berhembus namun ketika angin itu berhenti maka ia akan kembali posisi awalnya. Suara daun-daun bambu yang saling bergesekan akan menghasilkan gemerisik nada yang halus dan sangat harmonis. Hal ini mengajarkan kita sikap fleksibel dan mampu cepat beradaptasi hingga menjadi pribadi yang meneyenangkan dan dapat diterima dalam suatu lingkungan walaupun itu tempat baru tanpa harus menjadi diri orang lain dan tetap meiliki prinsip hidup kokoh sesuai pada tujuan awalnya.. Bahkan jika mampu kita bias memberikan warna baru yang positif kepada lingkungan sekitar dengan memiliki mental sang juara atau dapat memberikan kontribusi pada lingkungan. 
Dari filosofi pohon bambu kita belajar bahwa meskipun berlatar belakang jenis tanaman rumput-rumputan, bambu menjadi berbeda karena karakternya yang khas, yaitu kuat, tegar, kokoh, tangguh, lentur, ulet. Karakter itu dapat diaplikasikan dalam hidup agar tegar dalam menghadapi badai dan persoalan hidup.
"MAKNAILAH KISAH DEMI KISAH YANG TERJADI DI DALAM HIDUP INI DAN JANGAN PERNAH SESALI ITU, AGAR HIDUP INI DAPAT MEMILIKI MAKNA YANG LEBIH" -fmw

Bagikan

Jangan lewatkan

INSPIRASI 23 - "FILOSOFI BAMBU CINA"
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silakan berikan komentar Anda!